Langsung ke konten utama

Budidaya Mangga | Jenis, Bibit, Pupuk, dan Pemeliharaan tanaman Sampai Berbuah ( Part 1/2)

Budidaya mangga, jenis mangga yang merupakan unggulan yang disukai masyarakat, bagaimana memperoleh bibitnya, pupuk, dan pemeliharanya sampai berbuah dan terus berbuah dibahas diartikel ini (Tulisan pertama) Part 1/2

Buah mangga, buah yang sukai banyak orang karena rasanya yang manis, menyegarkan dan mengandung banyak nutrisi dan antioksidan.


Dalam 1 buah mangga, terkandung aneka nutrisi berikut ini:

  • 1,5 – 2 gram serat
  • 15 gram karbohidrat
  • 1– 1,5 gram protein
  • 55 – 60 mikrogram vitamin A
  • 35 – 60 mg vitamin C
  • 9 mg vitamin E
  • 40 – 45 mikrogram folat
  • 10 – 15 mg kalsium
  • 10– 15mg magnesium
  • 200 mg kalium
  • 14 – 20 mg fosfor
Mangga berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, dan mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurang-kurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Wikipedia

Dalam artikel ini akan di bahas lengkap mengenai :
  1. Jenis mangga unggulan dan bibit yang dijual di marketplace
  2. Media tanam pohon mangga
  3. Pemupukan 
  4. Penyiraman (irigasi)
  5. Cara merangsang pohon mangga agar berbuah
  6. Penanganan hama dan pestisidanya
  7. Pemindahan atau trasfer pohon mangga ke pot lebih besar.

Jenis Mangga Unggulan dan Bibit Di Jual di Marketpalce

Banyak Jenis mangga yang ada di dunia ini tapi hanya mangga unggulan yaitu dengan rasa manis, bau harum, bentuk dan ukuran besar, dan jenis mangga yang sering berbuah dalam satu tahun yang menarik untuk dibudidayakan, satu lagi sukai masyarakat dan mudah memperoleh bibit tanaman mangga.

Dibawah ini adalah mangga unggulan yang disukai banyak orang dan bibitnya banyak dijual dimarketplace anda tinggal klik link pada gambarnya  untuk mendapatkan bibit pohon mangga unggulan.

1. Mangga Yu Wen

Mangga Yu Wen berasal dari taiwan.tampilan mangga ini unik dengan warna merah terang, daging buah tebal, dengan biji kecil,dan tekstur lembut tanpa serat



2. Mangga Manalagi 

Mangga ini adalah varitas mangga unggulan lokal yang dikembangkan dari Situbondo Jawa Timur dengan rasa manis yang enak agak berserat 



3. Mangga Golek India

Mangga golek india mirip dengan mangga golek lokal yang berbeda hanya ukuran buah yang bisa mencapai berat 1,5 kg per buahnya, dengan bentuk lonjong dan daging tebal



4. Mangga Harum Manis

Mangga ini merupakan mangga lokal unggulan yang sudah umum terkenal dengan rasa manis dan aroma harum yang unik, mangga berbentuk lonjong dengan ujung meruncing dengan berat rata-rata 500 gram.



5. Mangga Gedong Gincu/Apel

Mangga ini bentuknya mirip sekali dengan apel yang berbentuk bulat daging buah tebal dengan rasa yang unik dengan berat buah 200 - 300 gram per buahnya.



6. Mangga Chokanan

Mangga ini merupakan mangga unggulan dari Thailand dengan rasa manis yang spesial sehingga mangga ini dijuluki mangga madu, magga muda chokanan juga sudah menunjukan rasa manis.

berat buah bisa mencapai 350 - 450 gram dengan buah berair tetapi tidak berserat, mangga ini sangat aktif berberbuah setahun 3 kali berbuah.



7. Mangga Mahatir

Mangga ini merupakan varitas unggulan malaysia yang berasal dari daerah Kinabalu, dengan berat yang bisa mencapai 2,5 -3 kg per buah denganrasa manis tanpa serat.

Mangga ini termasuk jenis genjah (cepat berbuah) umur 3 sd 4 tahun mangga ini mulai berbuah



8. Mangga Irwin

Manggaini adalah mangga unggulan dari Australia dengan penampilan menarik karena berwarna merah keunggu-ungguan dengan rasa manis dan asam tetapi enak lezat.

Mangga ini bisa mencapai berat 500 - 750 gram.



10 Mangga Alpukat

Mangga unggulan ini tergolong baru cara makan mangga ono mirip dengan makan alpukat cukup dibelah dan daging buahnya dikerok lalu dimakan dengan sendok, rasa mangga ini mirip dengan mangga harum manis.



11. Mangga Kiojay

Merupakan jenis mangga unggulan lain dari Thailand dengan berat bisa mencapai 2 kologram dengan daging buah tebal tapi biji kecil aroma harum dan manis.



12. Mangga Garifta Merah

Mangga ini unggulan lokal yang berasal dari Pasuruan Jawa Timur dengan warna Gradasi Merah, Kuning dan Hijau, rasanya manis berbentuk lonjong  dengan panjang 14 -17 cm.



Bila anda membeli bibit yang mengaruskan pengiriman lewat jasa kirim seperti JNE, Sicepat, Wahana dan lain-lain berikut cara menghandle bibit yang baru sampai agar tidak mati Tonton Video Tutorialnya.




Media Tanam Pohon Mangga

Media Tanam 

Media tanam baik sangat penting buat pertumbuhan tanaman pohon mangga, baik ditanam ditanah maupun di pot. Media tanam adalah tempat tumbuh dan berkembangnya tanaman, bila media tanamnya bagus maka bagus pula tumbuh kembang tanaman sehingga menghasilkan buah yang baik.

Media tanam harus memenuhi kriteria.
  • Mengandung unsur hara makro dan mikro, harus gembur agar akar tanaman mudah menyerap nutrisi dan pertumbuhan akar sehat, 
  • PH juga harus netral.
  • Harus poros (menyimpan dan membuang air dengan lancar).
Bila pohon mangga mau ditanam di lahan (tanah) maka, harus menyiapkan lobang tanamnya lebih dulu dengan menambahkan pupuk dasar, kapur dolomit, dan obat anti jamur didiamkan selama 10 hari sebelum penanaman.

Bila ingin ditanam di Pot maka persiapanya sama harus menyiapkan media tanam yang baik dan harus di tambahkan pupuk dasar juga di fermentasi dulu agar tanaman jambu air tumbuh baik dan menghasilkan buah yang bagus.

Cara membuat campuran Media tanam yang aman dari serangan jamur dan aman dari penyakit tanaman dapat anda TONTON Di bawah ini.




BACA JUGA:

Liat Postingan mengenai pertanian, pupuk, bibit, cara bertanam, buah, perternakan di Fans Page Mari Lihat kebun Ku

Untuk yang Mau Belajar Bisnis Online: berjualan di marketplace, membuat website blogger, dan membahas tentang marketing online juga media sosial pelajari dan baca caranya di www.belajarbisnisonline.net

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menanam Tanaman Mint Dan Bagaimana Merawatnya

Bagaimana cara menanam tanaman mint dan bagaimana merawatnya, agar tanaman mint subur, sehat dengan mempunya daun dan batang yang besar Anda bisa menanam sendiri tanaman ini karena ternyata tanaman mint sangat mudah ditanam dan dirawat, Daun mint berasal dari Eropa, dan di akhir abad 18 sudah tersebar sampai Jepang, Tanaman mint sudah digunakan berabad-abad yang lalu sebagai herbal untuk menyembuhkan sakit kepala dan radang tenggorokan. Tanaman ini sangat mudah tumbuh di iklmim subtropik tapi di iklm tropis seperti Indonesia tanaman mint tumbuh subur. Jenis-jenis Tanaman Mint Ada 24 jenis asli tanaman mint, salah satunya adalah spearmint dan watermint yang sudah dikelal lama. Sekarang ada jenis Hybrid yaitu jenis tanaman yang nerupakan persilangan dari jenis asli tanaman mint diantarnya Papermint yang merupakan persilangan antara spearmint dan watermint Baca Juga: Jenis-Jenis Tanaman Mint | Mana Favorit Anda Ada tiga cara memperbanyak tanaman mint yaitu: 1. Menanam Dari Bibit (seed ) B

Jenis-Jenis Tanaman Mint | Mana Favorit Anda

Ternyata tanaman mint bukan hanya satu tapi banyak jenisnya, setiap jenis tanaman mint mempunyai keunggulan dan karateristik unik, Orang menyukainya karena bau aroma therapy dan rasa nikmat bila dicampur bahan lain, manakah favorit Anda ? Tanaman dari benua Eropa yang menyebar sampai ke Jepang di tahun 1870, sekarang kita sudah bisa menikmatinya di Indonesia di awal tahun 1900 an. Mudah dalam perawatan dan gampang berkebangbiaknya tidak heran bila tanaman mint menjadi tanaman favorit atau secara tidak sadar anda sudah memakainya di pasta gigi, perment, sabun, dan shampo yang mengunakan campuran mint sebagai pewangi dan bahannya. Taxsonomy Tanaman Mint Tanaman dengan nama ilmiahnya (Genus)  Mentha  merupakan family dari Lamiaceae, dimana tanaman ini merupakan tanaman Perennial Herb yang artinya meruapak tanaman abadi/ tahunan akan terus hidup kecuali lingkungannya tidak mendukung. Kebalikan dari perennial adalah tanaman semusim yaitu tanaman akan mati bila telah berbunga atau berbuah se

Bibit Buah Paling Dicari dan Dijual Dengan Harga Mahal

Dibandingkan membeli dengan memetik dari pohon kepunyaan sendiri akan lebih senang bila buahnya dari menanam sendiri. Bibit buah mana yang paling dicari dan dijual dengan harga mahal ? akan dibahas di artikel ini Buah yang enak dimakan rata-rata memiliki harga yang mahal, dan bila kita membelinya jumlah yang kita bisa nikmati di batasi oleh uang yang kita punyai. Kenikmatan memakan buah akan terkurangi karena budget membelinya. Bila kita punya halaman yang cukup untuk menanam pohon buah, alangkah nikmatnya bila kita bertanam pohon buah dan bila panen, kenikmatan yang diperoleh berlipat-lipat dibandingkan kita membelinya, dan akan kita nikmati setiap musim berbuahnya. Mengapa Mahal Tanaman Bibit Buah Seperti hukum permintaan dan penawaran, Bibit buah akan mahal bila permintaan dari pembeli tinggi tetapi dari sisi penawaran dari petani tanaman jumlah bibit yang ditawarkan terbatas, maka harga bibit akan menjadi mahal. Harga mahal dari bibit biasanya karena kelangkaan jumlah bibitnya, kar